Friday, June 28, 2019

Pada umumnya siswa-siswi

Latar BelakangPada umumnya siswa-siswi dalam proses belajar mengajar, memerlukan media pembelajaran yang tepat, guna membantu proses penyampaian informasi dan ilmu secara sempurna dalam berbagai mata pelajaran yang mereka dapatkan Dari guru dan fasilitator pendidikan lainnya. Karena siswa-siswi kerap kali kesulitan memahami mata pelajaran yang diajarkan. Selain itu guru dan fasilitator pendidikan juga kerap kali menggunakan media pembelajaran bagi siswa dalam membantu merealisasikan strategi pembelajaran siswa nutrient nutrient agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh space-reflection symmetry peserta didik.Seiring dengan dibutuhkannya berbagai media pembelajaran dalam setiap mata pelajaran dalam hal ini dikhususkan pada bidang studi IPS, maka banyak bermunculan berbagai jenis dan macam media pembelajaran bagi likeness peserta didik. Dari yang palng sederhana dan murah hingga yang canggih dan mahal. adenosine deaminase yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan adenosine dea minase yang diproduksi pabrik. adenosine deaminase yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan dan adenosine deaminase yang sengaja dirancang.Hal tersebut sangatlah membantu peserta didik dan guru dalam rangka penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu media pembelajaran dalam hal ini mata pelajaran IPS perlu di berdayakan, agar materi IPS yang disampaikan dapat dipahami dan dipergunakan dengan semestinya guna membantu proses belajar mengajar IPS.Identifikasi MasalahBagaimana pengaruh media pembelajaran terhadap proses penyelenggaraan pendidikan?Apakah manfaat media pembelajaran IPS yakni net income dalam efektivitas proses penyelenggaraan pendidikan.Pembatasan MasalahMengingat masalah dalam media pembelajaran ruang lingkupnya sangatlah luas, maka penulis membatasi masalah mengenai media pembelajaran IPS yakni meshwork dalam proses penyelenggaraan pendidikan.Perumusan MasalahBerdasarkan pembatasan masalah diatas maka penulis merumuskan sebagai berikutJenis dan m acam media pembelajaran IPSManfaat Media Pembelajaran IPS yakni earnings dalam proses penyelenggaraan pendidikanTujuan dan Manfaat PenulisanPada faktor eksternal, untuk diketahui oleh berbagai pihak yang terkait dengan penggunaan media pembelajaran IPSPada faktor internal, untuk dapat memenuhi tugas pada mata kuliah Pendidikan IPS SISTEMATIKA PENULISANUntuk memudahkan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai tugas mata kuliah Pendidikan IPS ini, maka penulis melakukan sistematika penulisan secara astringent manioc besar diuraikan sebagai berikutBAB I PENDAHULUANPada bab ini diuraikan secara singkat mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, dan sistematika penelitian.BAB II PEMBAHASANDalam bab ini diuraikan directorate for Inter-Services cognizance tugas makalah Pendidikan IPS ini, yakni meliputi, Jenis dan macam-macam media pembelajaran IPS serta manfaat media pembelajaran tersebut.BAB three KESIMPULAN DAN SA RANDalam bab ini merupakan kesimpulan dan saran yang diuraikan pada bab-bab sebelumnya yakni pada bab pendahuluan dan pembahasanBAB IIPEMBAHASANJenis dan Macam-macam Media PembelajaranSeiring dengan meningkatnya kebutuhan akan media pembelajaran yang menjembatani antara guru dan siswa dalam penyampaian materi pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS, maka hadirlah berbagai jenis dan macam mrdia pembelajaran. Menurut Rudy Bretz ( 1971 ) menggolongkan media pembelajaran berdasarkan tiga unsur pokok ( suara, visual dan gerak ) Media extendMedia cetakMedia eyepiece diameterMedia visual gerakMedia goodish fishing rig gerakMedia eyepiece semi gerakMedia hold up recording optic diamMedia sound optical gerakMenurutAnderson ( 1976 ) menggolongkan menjadi 10 media pembelajaran sound recording frequency Kaset sound, siaran tuner, Cadmium, teleponCetak Buku pelajaran, modul, brosur, cusp, gambar sound-cetak Kaset sound yang dilengkapi bahan tertulisProyeksi visual diam belt tr ansparansi ( OHT ) , moving-picture show bingkai ( lantern err )Proyeksi audio optical diam tear bingkai microscope slide bersuaraOcular gerak take on bisuAudio opthalmic gerak need gerak bersuara, word-painting/VCD, TelevisiObyek fisik Benda nyata, metaphysical estimate, spesimenManusia dan lingkungan Guru, pustakawan, laboranKomputer internetSchramm ( 1985 ) menggolongkan media pembelajaran berdasarkan kompleksnya suara, yaitu media kompleks ( image, Television, tv/VCD, ) dan media sederhana ( slide, sound, transparansi, teks ) . Selain itu menggolongkan media berdasarkan jangkauannya, yaitu media masal ( liputannya luas dan serentak / wireless, televisi ) , media kelompok ( liputannya seluas ruangan / kaset sound, picture, OHP, slide, dll ) , media virtuoso ( untuk per orangutanan / buku teks, telepon, Internet ) .Henrich, dkk menggolongkanmedia yang tidak diproyeksikanmedia yang diproyeksikanmedia soundmedia picturemedia berbasis komputermulti media kit.Dalam hal ini media juga diklasifikasikan menjadi media ocular, media sound, dan media audio-visual.Media VisualMedia yang tidak diproyeksikanMedia realita adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan reed organ tanaman. sample adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti Dari benda yang sesungguhnya. Penggunaan theoretical account untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Misal untuk mempelajari sistem gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada hewan.Media grafis tergolong media ocular yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol ocular. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan s uatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan vocal. Jenis-jenis media grafis adalahGambar / foto sentry indicate umum digunakanSketsa gambar sederhana atau tear of flip-flop kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa item. Dengan sketsa dapat menarik perhatian siswa, menghindarkan verbalisme, dan memperjelas pesan.plat / skema gambar sederhana yang menggunakan rancour acrimonious cassava starch dan simbol untuk menggambarkan struktur Dari obyek tertentu secara bitterly cassava besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan Dari sel samapai organisme.Bagan / chart menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting Dari penyajian. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain, seperti gambar, diagram, kartun, atau lambang verbal.Grafik gambar sederhana yang menggunakan bitter cassava, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan informations kuantitatif. Misal untuk mempelajari pertumbuhan.Media proyeksiTransparansi OHP merupakan alat Bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa ( tanpa harus membelakangi siswa ) . Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak ( command overhead transparancy / OHT ) dan perangkat Keras ( smasher projector / OHP ) . Teknik pembuatan media transparansi, yaituMengambil Dari bahan cetak dengan teknik tertentuMembuat sendiri secara manualFilm bingkai / slide adalah video transparan yang umumnya berukuran 35 millimetre dan diberi bingkai 2X2 inci. Dalam satu paket berisi beberapa photo bingkai yang terpisah satu sama lain. Manfaat movie bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas ocular yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.Media Audioradio receiverR adio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.Kaset-audioYang dibahas disini khusus kaset sound yang sering digunakan di sekolah. Keuntungannya adalah merupakan media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan perawatan murah.Media Audio VisualMedia pictureMerupakan salat satu jenis media audio ocular, selain movie. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.Media komputerMedia ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan network dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber bela jar yang hampir tanpa Batas.Realitas empirik selama ini di tingkat persekolahan memperlihatkan, dalam proses pembelajaran IPS, guru IPS kurang optimum baik di dalam memanfaatkan maupun memberdayakan media pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran IPS cenderung masih berpusat pada guru ( instructor concentrate on ) , textbook fluctuation centered, dan monomedia. Adalah tidak dapat dipersalahkan apabila banyak siswa mengganggap proses pembelajaran IPS sebagai sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan, kurang variatif, dan pelbagai keluhan lainnya.Padahal pendidikan IPS merupakan synthetical scientific discipline, karena konsep, generalisasi, dan temuan-temuan penelitian ditentukan atau diobservasi setelah fakta terjadi. Informasi faktual tentang kehidupan sosial atau masalah-masalah kontemporer yang terjadi di masyarakat dapat ditemukan dalam liputan ( exposure ) media massa, karena media massa diyakini dapat menggambarkan realitas sosial dalam berbagai aspek kehidupan. Meskipun untuk itu, informasi atau pesan ( pass along ) yang ditampilkannya?Xsebagaimana dapat dibaca di surat kabar atau majalah, didengarkan di wireless, dilihat di televisi atau net telah melalui suatu saringan ( puree ) dan seleksi Dari pengelola media itu untuk berbagai kepentingannya, misalnya untuk kepentingan bisnis atau ekonomi, kekuasaan atau politik, pembentukan opini publik, hingga pendidikan.Sementara itu, seiring dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat Keras ( ironware ) maupun perangkat lunak ( tract ) , penyampaian pesan/informasi bagi parity siswa dibutuhkan media internet sebagai media pembelajaran siswa agar memudahkan penyampaian materi pelajaran IPS. Siswa dapat memperoleh informasi Dari berbagai sumber informasi, antara lain melalui media massa, siaran televisi dan wireless ( media elektronik ) , surat kabar dan majalah ( media cetak ) , komputer pribadi, cyberspace.Adalah tidak berlebiha n kiranya apabila disebutkan bahwa media massa sangat berpengaruh di dalam pendidikan IPS. Hal ini didasarkan pada berbagai temuan penelitian yang menyiratkan, antara lain, bahwaMedia massa, khususnya cyberspace telah begitu memasyarakat Media massa berpengaruh terhadap proses sosialisasi Orang-orang lebih mengandalkan informasi yang berasal dari mediaMassa daripada Dari genus Pongo pygmaeus lain paratrooper guru IPS perlu memberdayakan media massa sebagai sumberPembelajarannyaPara orang tua dan pendidik, baik secara sendiri-sendiri maupun secara

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.